Telkom ‘Sulap’ 84 Ribu UMKM Jadi Lebih Modern di 2024!

Telkom

Sepanjang tahun 2024, PT Telkom Indonesia melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) berhasil membina 84.291 UMKM di seluruh Indonesia. Program ini dilaksanakan di 31 wilayah Telkom dan 42 Rumah BUMN, yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Salah satu program utama yang dijalankan adalah Go Modern, yang bertujuan meningkatkan kualitas dan daya saing produk UMKM binaan.

TechnonesiaID - Program Go Modern memiliki fokus utama pada peningkatan kualitas produk UMKM agar siap masuk ke pasar modern. Berbagai kegiatan pembinaan dilakukan, seperti pelatihan, sertifikasi, informasi gizi, serta packfest—yaitu kegiatan peningkatan kualitas kemasan. Tujuan akhirnya adalah menjadikan produk UMKM siap dipasarkan melalui saluran seperti vending machine.

Salah satu bagian penting dari Go Modern adalah Gebyar Sertifikasi, yang membantu UMKM mendapatkan legalitas dan kelengkapan usaha, seperti Nomor Induk Berusaha (NIB), izin P-IRT, label gizi, hingga pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual (HaKI). Selama 2024, lebih dari 1.600 UMKM memperoleh sertifikasi halal, lebih dari 5.600 memperoleh NIB, serta ribuan lainnya mendapatkan izin usaha dan informasi gizi.

Advertisement

Pelatihan bagi pelaku UMKM juga menjadi fokus Telkom dalam program ini. Materinya mencakup berbagai aspek penting seperti manajemen dasar, branding, kemasan, dan kewirausahaan. Hasilnya, ratusan UMKM berhasil mengikuti pelatihan, yang diselenggarakan di berbagai wilayah seperti Cirebon, Pasuruan, Malang, dan Sijunjung, yang menjadi bagian dari jaringan Rumah BUMN Telkom.

Telkom juga menjalankan program Nutrition Fact untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya informasi gizi. Dengan program ini, pelaku UMKM diajarkan menyusun label kandungan nutrisi yang sesuai standar. Di tahun 2024, ratusan tabel informasi gizi berhasil disusun oleh ratusan UMKM yang difasilitasi oleh 38 Rumah BUMN dan 44 Witel.

Program Packfest ditujukan untuk mendukung rebranding dan pengemasan ulang produk UMKM agar tampil lebih menarik dan siap bersaing. UMKM yang terlibat juga mendapat dukungan desain, koneksi ke pabrik kemasan, dan bantuan pembiayaan produksi hingga 50%. Sepanjang tahun, lebih dari 460.000 kemasan berhasil dicetak melalui partisipasi ratusan Rumah BUMN dan Witel.

Advertisement

Selain itu, Telkom melaksanakan Halalfest untuk memastikan UMKM binaannya memiliki sertifikasi halal. Program ini dibagi menjadi dua kategori, yakni Halal Reguler untuk usaha seperti kafe dan katering, serta Self-Declare untuk makanan dan minuman ringan. Total ada lebih dari 1.300 UKM yang berpartisipasi dalam program ini sepanjang tahun.

Senior General Manager Social Responsibility Telkom, Hery Susanto, menegaskan bahwa semua program ini merupakan bagian dari upaya Telkom untuk meningkatkan kompetensi dan daya saing UMKM binaan. Dengan komitmen yang kuat melalui program Go Modern, Telkom ingin memastikan UMKM terus berkembang dan mampu bersaing di pasar lokal maupun global.

Advertisement


Dapatkan informasi terbaru seputar Gadget, Elektronik, Anime, Game, Tech dan Berita Tekno lainnya setiap hari melalui social media TechnoNesia. Ikuti kami di :