Lazada Indonesia terus memperkuat komitmennya dalam memberantas peredaran produk palsu di platformnya. Sebagai bagian dari upaya menjaga kepercayaan konsumen, Lazada mengimplementasikan berbagai langkah strategis yang menggabungkan teknologi canggih, kebijakan tegas, dan kolaborasi dengan berbagai pihak.
TechnonesiaID - Salah satu fitur unggulan yang diperkenalkan adalah Lazada IPP (Intellectual Property Protection). Fitur ini memungkinkan pemilik merek dan pemegang hak kekayaan intelektual untuk dengan mudah melaporkan produk mencurigakan. Setiap laporan akan segera ditindaklanjuti untuk ditinjau dan, jika terbukti melanggar, listing produk di platform akan langsung dihapus.
Lazada juga memanfaatkan teknologi canggih berbasis artificial intelligence (AI) dan machine learning untuk mendeteksi produk palsu. Sistem cerdas milik Lazada mampu mengenali ciri-ciri produk ataupun pola listing produk yang melanggar ketentuan. Teknologi ini membantu menyaring ribuan listing setiap harinya untuk memastikan penawaran produk yang sesuai kebijakan yang berlaku di Lazada.
Baca Juga
Advertisement
Untuk memberikan jaminan produk asli, Lazada menghadirkan LazMall sebagai kanal khusus produk autentik. LazMall menampilkan produk dari brand resmi atau distributor dan reseller yang telah terverifikasi. Selain itu, konsumen juga dilindungi oleh kebijakan pengembalian barang hingga 30 hari, memberikan kenyamanan ekstra bagi pelanggan jika produk yang diterima tidak sesuai ekspektasi.
Lazada menerapkan proses verifikasi yang ketat terhadap calon penjual, khususnya untuk produk dalam kategori risiko tinggi. Penjual yang terbukti melanggar kebijakan keaslian produk, khususnya apabila ada pelaporan dari pemilik brand, bisa dikenai sanksi tegas; mulai dari penghapusan produk hingga penutupan toko secara permanen.
Dalam upaya memberantas produk palsu, Lazada aktif menjalin kerja sama dengan kementerian dan lembaga terkait seperti Kementerian Perdagangan, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), hingga Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI). Kolaborasi ini bertujuan memastikan keselarasan dengan regulasi nasional dan mendukung upaya pemberantasan produk palsu secara nasional.
Baca Juga
Advertisement
Lazada juga berkolaborasi dengan industri dan asosiasi terkait untuk bersama melakukan edukasi, baik kepada penjual maupun konsumen, untuk menghindari penjualan dan pembelian produk palsu. Perusahaan mendorong dan terus berkoordinasi dengan para pemilik brand untuk segera melaporkan kepada Lazada apabila menemukan produk palsu atau yang melanggar hak cipta dari pemilik brand agar bisa segera ditindaklanjuti.
Sebagai hasil dari efektivitas sistem pengawasan rutin di platform, rata-rata Lazada menyelesaikan hingga ribuan kasus dugaan pelanggaran kebijakan setiap bulannya. Dengan dukungan teknologi canggih, Lazada akan terus memperkuat sistem pengawasan di platform demi menjaga keamanan dan kenyamanan ekosistem Lazada. Perusahaan juga mengimbau para konsumen di Indonesia untuk memilih produk-produk orisinal, seperti yang tersedia di kanal LazMall di aplikasi Lazada, sebagai bagian dari upaya bersama memerangi produk palsu.
Baca Juga
Advertisement
Dapatkan informasi terbaru seputar Gadget, Elektronik, Anime, Game, Tech dan Berita Tekno lainnya setiap hari melalui social media TechnoNesia. Ikuti kami di :
- Instagram : @technonesia_id
- Facebook : Technonesia ID
- X (Twitter) : @technonesia_id
- Whatsapp Channel : Technonesia.ID
- Google News : TECHNONESIA