Pada kuartal I 2025, Tokopedia dan TikTok Shop mencatat lonjakan transaksi yang signifikan, didorong oleh kekuatan konten video dalam berbagai kampanye pemasaran. Kampanye seperti Beli Lokal, Promo Guncang, dan Ramadan Ekstra Seru berhasil meningkatkan transaksi hingga puluhan kali lipat. Menyadari besarnya pengaruh video terhadap perilaku belanja konsumen, kedua platform memperkuat inisiatif Creators Lab untuk mendukung kampanye edukatif #BelanjaAman.
TechnonesiaID - Program Creators Lab bertujuan mengedukasi kreator konten agar dapat merekomendasikan produk dan penjual terpercaya. Inisiatif ini bertujuan menciptakan pengalaman belanja online yang aman, nyaman, dan terpercaya dengan mendorong pemanfaatan fitur seperti ulasan pembeli, label toko terpercaya, dan perbandingan harga. Kreator juga diarahkan untuk mengenali dan merekomendasikan toko seperti Power Shop atau Mall yang telah terverifikasi.
Data menunjukkan kategori Makanan dan Minuman menjadi produk terlaris di Tokopedia maupun TikTok Shop selama kuartal I 2025, menandakan potensi besar sektor ini di momen-momen besar seperti Imlek dan Ramadan. Meski sama-sama sukses menjual makanan dan minuman, Tokopedia lebih unggul dalam kategori Otomotif dan Rumah Tangga, sementara TikTok Shop menonjol dalam kategori Fashion serta Kecantikan dan Perawatan Tubuh.
Baca Juga
Advertisement
Melalui kampanye kolaboratif seperti Beli Lokal dan Promo Guncang, konsumen memanfaatkan berbagai promo menarik untuk mendapatkan produk favorit dengan harga lebih terjangkau. Dalam etalase Beli Lokal, produk dari brand lokal di kategori makanan, fashion, serta kecantikan mendominasi, menunjukkan antusiasme masyarakat terhadap produk dalam negeri.
Konten video terbukti menjadi alat penting dalam meningkatkan penjualan UMKM. Selama Ramadan, konten live streaming di TikTok ditonton miliaran kali, bahkan transaksi saat sahur meningkat 24 kali lipat. Tokopedia dan TikTok Shop terus mendorong pelatihan pembuatan konten efektif agar semakin banyak kreator yang mampu memaksimalkan potensi ekonomi digital sekaligus mendukung #BelanjaAman.
Program Creators Lab tak hanya mengajarkan pembuatan konten, tetapi juga pentingnya etika rekomendasi produk. Kreator diajarkan untuk memilih penjual dengan reputasi baik, membaca ulasan, serta memastikan legalitas produk, terutama untuk kategori sensitif seperti makanan atau obat-obatan. Pendekatan ini memperkuat kredibilitas kreator di mata konsumen.
Baca Juga
Advertisement
Untuk meningkatkan partisipasi perempuan dalam ekonomi digital, Tokopedia dan TikTok Shop menggandeng Kemenekraf RI melalui program Emak-emak Matic. Ribuan ibu rumah tangga dilatih menjadi kreator afiliasi yang profesional dan berdaya saing. Program ini telah berjalan di beberapa kota dan akan diperluas ke wilayah lain, termasuk Makassar.
Tak hanya menyasar ibu rumah tangga, Creators Lab juga menyasar generasi muda lewat kerja sama dengan Kemenpar RI. Mahasiswa politeknik pariwisata di berbagai daerah dilatih menjadi kreator yang mampu mempromosikan destinasi wisata serta produk UMKM terpercaya. Melalui pelatihan ini, peserta dibekali pengetahuan penting agar dapat berkontribusi pada ekonomi kreatif sambil tetap menjaga keamanan berbelanja di platform e-commerce.
Baca Juga
Advertisement
Dapatkan informasi terbaru seputar Gadget, Elektronik, Anime, Game, Tech dan Berita Tekno lainnya setiap hari melalui social media TechnoNesia. Ikuti kami di :
- Instagram : @technonesia_id
- Facebook : Technonesia ID
- X (Twitter) : @technonesia_id
- Whatsapp Channel : Technonesia.ID
- Google News : TECHNONESIA